2 Cara Mudah Non-Aktifkan Update Windows 10

  • Whatsapp

Pada kesempatan kali ini itanyar.com akan membagikan bagaimana caranya menonaktifkan atau disable update Windows 10. Sama seperti windows-windows yang terdahulu, Windows 10 menyediakan opsi Windows Update guna pembaruan pada sistem operasinya. Perbedaannya terletak pada cara untuk mematikan auto update tidak semudah  seperti pada versi Windows lain sebelumnya. Salah satu cara atau trik untuk mematikan auto update Windows 10 yaitu dengan mengganti koneksi yang sedang digunakan menjadi ‘metered’. Namun perlu dicatat, bahwa Windows tersebut tetap akan melakukan update secara paksa guna patch yang penting, terutama pada security. Tapi tenang saja, para pembca sekalian tak perlu cemas ataupun khawatir,  masih banyak cara dan trik lainya. Well, kali ini penulis akan bagikan tutorial atau cara untuk mematikan atau menonaktivkan update Windows 10 secara mudah.

Beberapa cara dibawah ini cukup mudah untuk diterapkan. Mari kita pelajari secara seksama.

  1. Menggunakan Metered Connection

Yaitu dengan cara melakukan pengaturan koneksi sebagai metered connection, dengan cara seperti itu Windows tidak akan mendownload update hingga kita   terhubung kembali ke koneksi non-metered. Perlu para pembaca ketahui juga bahwa cara ini hanya dapat dilakukan oleh pengguna Windows 10 yang menggunakan koneksi Mobile Broadband atau jaringan Wifi.

Cara untuk melakukannya cukup kita buka Settings, pilih Network & Internet atau dapat juga dengan menekan tombol CTRL + I agar lebih mudah.

Setelah itu kita pilih koneksi Mobile Broadband atau WiFi, kemudian pilih Advanced Options , lalu aktifkan opsi Set as metered connection.

  1. Menonaktifkan menggunakan Defer Upgrade

Pertama yang harus kita lakukan yaitu khususnya bagi kalian para pengguna Windows 10 Pro, kalian dapat mematikan automatic update Windows 10 Pro lewat opsi Defer Upgrade. Sedikit info nih, Defer Upgrade sendiri artinya yaitu meminta Windows 10 untuk tidak mendownload ataupun menginstall update Windows 10 dalam jangka waktu  maksimal 8 bulan lamanya. Keunggulan dari Defer Upgrade ini kalian bakal tetap mendapat patch security, jadi tenang saja guys Windows 10 kalian tetap aman kok, namun untuk update fitur-fitur baru dan peningkatan fitur bakalan tidak didownload guys jadi kuota kalian pastinya lebih hemat. Nantinya nih guys kalian tinggal mematikan Defer Upgrade nya dan melakukan Check Updates begitu setelah terhubung dengan koneksi kuota yang melimpah. Mudah sekali kan ? dan jika kalian ingin mengaktifkan kembali Defer Upgrade, kalian tinggal buka saja Windows Update, kemudian pilih Advanced Options, lalu tinggal centang saja Defer Upgrade.

Tetapi perlu diingat kawan sekalian, opsi ini hanya berlaku atau ada di Windows 10 Pro saja yaa. Bagi kalian pengguna Windows 10 Home sayangnya tidak dapat menggunakan cara ini. Demikian 2 cara mudah yang dapat dilakukan untuk menonaktivkan update Windows 10. Semoga bermanfaat yaa.

 

 

 

Related posts