Cara Hapus Cache di Iphone – Pada artikel kali ini, saya akan memberitahu bagaimana caranya menghapus atau membersihkan cache yang menumpuk di perangkat iPhone yang menyebabkan kinerja iPhone kesayangmu melambat atau lelet.

Menghapus atau membersihkan file sampah atau disebut juga cache di iOS yang tidak berguna, adalah salah satu cara/metode ampuh supaya iPhone (atau iPad) kesayangan bisa bekerja lebih optimal, cepat dan tidak lemot. IPhone dan iPad sendiri adalah salah satu perangkat gadget yang user-friendly, namun iOS pada iPhone juga dapat bekerja sangat lambat bin lemot yang disebabkan karena menumpuknya file dan memori sampah yang ada pada sistem.

Membersihkan/menghapus cache dan file sampah akan meringankan serta meningkatkan kinerja pada perangkat gadget. Membersihkan memori pada perangkat iPhone juga memberikan kamu sesuatu atau ruang  yang lebih pada perangkat, terutama pada beberapa hal yang sangat dibutuhkan dan digunakan dalam keseharian.

Pada perangkat iOS Apple ini tidak membutuhkan perawatan yang rumit atau ribet seperti halnya macOS ataupun Windows. Namun iOS Apple tetap membutuhkan beberapa penanganan perawatan atau service supaya bisa bekerja secara optimal dan gahar.

Berikut 3 cara menghapaus cache pada iPhone yang sangat mudah untuk dilakukan:

Cara 1: Menghapus Cache Safari

Cara yang pertama ini yaitu dengan menghapus cache Safari yang terdapat pada iPhone, yaitu semua otomatis akan logout pada website yang sudah kamu login sebelumnya. Berikut cara hapus cache Safari:

  1. Buka menu Settings, kemudian cari pilihan kelima yang paling atas ada Mai, lalu kita pilih Safari.
  2. Setelah itu Scroll ke bawah dan pilih Clear History and Website Data.
  3. Yang terakhir pilih Clear History and Data.

Cara 2: Dengan Merestart iPhone

Sebenarnya pada iPhone sendiri lebih tepatnya pada sistem iOS nya sudah melalukan pengaturan memori yang efektif tanpa harus diubah atau disetting lagi. Tetapi dapat dicoba sesekali untuk merestart iPhone supaya aplikasi-aplikasi yang penting dapat berjalan lancar.

Berikut merupakan cara merestart pada iPhone:

  1. Pertama, tekan dan tahan tombol Sleep/Wake yang terdapat pada bagian atas atau sisi kanan iPhone, tunggu hingga layar menampilkan tulisan “slide to power off”.
  2. Lalu pilih Swipe the power off.
  3. Setelah itu tunggu hingga iPhone benar-benar mati, yang terakhir tekan dan tahan tombol Sleep/Wake untuk menyalakan kembali iPhone.

Cara 3: Hapus Data File dan Aplikasi

File data aplikasi yang tersimpan dapat dihapus menggunkan menu Usage yang terdapat pada  Settings. Berikut caranya:

  1. Pertama, buka Settings , pilih General , kemudian pilih Storage & iCloud Usage.
  2. Pada pilihan paling atas yang terdapat pada Storage, kita pilih Manage Storage.
  3. Kemudian kita pilih aplikasi-aplikasi yang memakan banyak memori penyimpanan.
  4. Setelah itu, perhatikan pada bagian Documents & Data. (Jika ukurannya melebihi 500MB, sebaiknya dihapus dan diinstal ulang).
  5. Terakhir, pilih Delete App, setelah itu kita buka App Store untuk menginstal ulang aplikasinya. Ini akan membuat aplikasi tersebut kembali terpasang tanpa file data sebelumnya.

Melakukan beberapa cara diatas ini bisa membuat Iphone kamu bekerja lebih baik, dan bisa dilakukan pada semua jenis iPhone. Demikian tutorial cara membersihakn cache di iPhone yang bisa kamu lakukan agar perangkat iPhone bisa bekerja lebih optimal.