Cara Buat Hotspot Dari Laptop – Kebutuhan akan internet memang seakan menjadi kebutuhan yang utama bagi semua orang. Oleh karena itulah, berbagai cara digunakan untuk mendapatkan akses internet dengan cara semudah-mudahnya dan juga semurah-murahnya. Nah, salah satu cara yang bisa anda ikuti untuk mendapatkan akses internet adalah dengan memanfaatkan laptop anda yang terhubung dengan kabel internet kemudian menjadikannya sebagai hotspot. Terdapat dua cara buat hotspot dari laptop yakni dengan software tertentu maupun tanpa menginstal software. Berikut caranya.

Untuk cara buat hotspot dari laptop dengan software, anda bisa memanfaatkan dua software berikut yakni mHotspot dan Virtual Router Manager. Kedua software ini bisa digunakan secara gratis. Namun sebagai tips, anda harus berhati-hati saat proses penginstalan agar tidak ada bloatware yang terinstal di PC atau laptop anda. Setelah anda selesai menginstalnya, jalankan programnya dan ikuti langkah berikut:

  1. Masukkan nama hotspot
  2. Masukkan password
  3. Pilih sumber internet yang akan dibagi
  4. Pilih batasan banyaknya perangkat yang terhubung
  5. Klik Start Hotspot

Sangat mudah bukan cara buat hotspot dari laptop dengan menggunakan mHotspot? Untuk Virtual Router Manager juga memiliki cara yang serupa seperti penggunaan mHotspot. Nah selanjutnya ada cara untuk menjadikan laptop atau PC sebagai hotspot tanpa program pihak ketiga atau program tambahan.

Cara buat hotspot dari laptop tanpa menggunakan software atau program tambahan adalah sebagai berikut.

  1. Buka Setting > Network & Internet > Mobile Hotspot lalu nyalakan dengan mengubahnya menjadi ON
  2. Atur nama WiFI dan password WiFi anda. Pastikan password tidak mudah ditebak.
  3. Hotspot sudah bisa digunakan

Bagaimana? Mudah bukan? anda bisa melakukannya di laptop anda yang sudah terhubung dengan kabel internet. Ketika anda sudah selesai menggunakan hotspot, anda bisa melakukan langkah pertama dengan mengubah settingan menjadi OFF.

Berbeda dengan Windows 10, Windows versi sebelumnya seperti Windows 8 dan juga Windows 7 memiliki keterbatasan dalam berbagi internet melalui WIFi. Namun bukan berarti tidak ada caranya, hanya saja caranya sedikit lebih panjang dan lebih disarankan untuk anda menggunakan program atau software pihak ketiga agar lebih mudah. Namun untuk menambah wawasan, berikut cara buat hotspot dari laptop tanpa menggunakan software atau program.

  1. Gunakan CMD, buka sebagai Admin
  2. Ketik command netsh wlan show drivers
  3. Jika memunculkan hasil : Hosted network supported : Yes, maka anda bisa melanjutkan langkah selanjutnya.
  4. Ketik command

Netsh wlan set hostedetwork mode=allow

ssid=NamaHotspotKamu

key=PasswordKamu

  1. Ubah nama dan password hotspot sesuai dengan keinginan
  2. Ketik command

Netsh wlan start hostednetwork

  1. Buka Control Panel>Network and Sharing Center>Change Adapter Settings
  2. Klik kanan WiFi Adapter>Properties
  3. Pilih Sharing > lihat di bagian

allow other network users to connect through this computer’s internet connection

apabila tercentang, maka internet hotspot bisa anda gunakan.