5 Langkah Cara Screenshoot Laptop Dengan Cepat

  • Whatsapp

Screenshoot adalah salah satu fitur yang sangat bermanfaat yang ada di smartphone atau hp pintar kita. Manfaat dari fitur tersebut sangat berguna, seperti menyimpan hasil percakapan, hasil browsing tanpa repot dan manfaat positif lainnya. Namun tahukah kamu jika fitur ini juga ada di laptop atau di PC. Hanya saja mungkin caranya sedikit berbeda ketimbang yang ada di smartphone yang hanya terdiri dari kombinasi menekan dua tombol atau cara lainnya. Nah berikut ini penjelasan untuk cara screenshoot laptop yang semoga akan memberikan manfaat untuk kegiatan berselancar di dunia maya atau manfaat laainnya.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai cara screenshoot laptop

  1. Temukan Tombol Printscreen

Berbeda dengan smartphone, fitur screenshoot untuk laptop atau PC bernama Printscreen. Fitur ini memiliki tombol khusus di keyboard yang umumnya terletak sejajar dengan tombol F1 hingga F12. Letaknya tergantung juga pada besar keyboard laptop atau PC. Setelah menemukan tombol Printscreen, kamu bisa melanjutkan cara screenshoot laptop ke langkah selanjutnya.

  1. Tekan Tombol Printscreen

Setelah menemukan tombol Printscreen, langkah selanjutnya adalah menekannya. Apabila tombol Printscreen merupakan fungsi kedua dari tombol tersebut maka kamu harus menekan tombol kombinasi tombol Alt + PRT SC atau apabila tidak ada tombol ALT maka dapat dipilih tombol WINDOWS + PRT SC. Apabila fungsi tersebut sudah benar maka di langkah cara screenshoot laptop selanjutnya akan muncul hasil tangkapan layar. Namun apabila langkah ini belum benar, maka takkan muncul hasil tangkapan layar laptop.

  1. Buka Program Microsoft Paint atau Media Lainnya

Langkah selanjutnya untuk cara screenshoot laptop adalah membuka program Microsoft Paint atau program media lainnya. Program Microsoft Paint merupakan salah satu program bawaan yang ada di Windows. Apabila kamu kesulitan untuk menemukannya, kamu bisa menggunkaan fungsi search dan mengetikkan Paint. Program tersebut akan muncul dan kamu hanya perlu menjalankannya.

Selain Micrsoft Paint, kamu juga bisa menggunakan media yang mampu menampilkan gambar lainnya seperti Microsoft Word, Photoshop, hingga CorelDraw.

  1. Buat Halaman Baru

Setelah kamu membuka program Microsoft Paint atau program lainnya, buka halaman baru. Untuk Paint biasanya sudah muncul sebuah media kerja baru. Cara screenshoot laptop selanjutnya adalah dengan menekan kombinasi tombol CTRL + V atau tombol untuk melakukan fungsi Paste. Anda juga melakukan fungsi klik kanan dan Paste untuk melakukan langkah ke empat ini.

Apabila tidak muncul gambar apapun ketika kamu melakukan fungsi Paste, itu artinya langkah nomor 2 belum benar atau kamu belum menemukan tombol Printscreen yang tepat. Lakukan kembali langkah nomor 2 hingga di langkah nomor 4 memunculkan gambar dari hasil tangkapan layar.

  1. Simpan File atau Print

Langkah terakhir dari cara screenshoot laptop adalah dengan menyimpan file dengan gambar hasil tangkapan layar. Kamu bisa menggunakan fungsi CTRL + S atau menggunakan langkah File kemudian Save As. Tentukan lokasi penyimpanan dan gunakan nama file yang mudah dikenal seperti Screenshoot1.

Itulah 5 langkah cara screenshoot laptop yang bisa kamu praktekkan di laptopatau PC Windows kamu. Memang langkahnya sedikit lebih panjang daripada melakukan screenshoot di smartphone atau di HP, namun manfaat yang diberikan juga tidak kalah bermanfaat. Manfaatkan fungsi atau cara untuk screenshoot layar laptop atau PC ini dengan baik dan tidak melanggar hukum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan untuk kita semua.

Related posts