Cara Mengatasi Hp Bootloop Tanpa PC – Bagaimana sistem menyelesaikan hp bootloop pada hp android kita tanpa pc atau mengaplikasikan komputer untuk membetulkannya? Bagi anda yang pernah mengalami bootloop di hp android tentunya merasa sungguh-sungguh sebal dan linglung sistem mengembalikan hp android rusak sebab bootloop hal yang demikian ke semula atau normal seperti lazimnya. Memang pada era jaman sekarang teknologi semakin canggih tetapi, secanggih-canggihnya sebuah teknologi pastinya ada sebagian kendala seperti bug dan error yang belum kita ketahui.

Sebelum ke topik pembahasan, apakah kalian telah mengenal apa itu Bootloop adalah kata lain dari softbrick yang dimana artinya adalah suatu situasi di mana hp atau hp android anda tak dapat menjelang desktop (halaman utama), dan hanya tertahan sampai logo atau istilahnya stuck di logo android.

Perlu anda ketahui, penyebab hp android menjadi bootloop dan bagaimana bootloop hal yang demikian dapat terjadi sehingga ketika anda mengaktifkan hp android maka anda akan terus stuck di logo dan tak dapat masuk ke dalam dekstop android.

Updgrade OS android dengan custom rom yang tak cocok dengan firmware (lazimnya sebab beda figur).

  • Flashing file yang tak jelas.
  • Mengubah atau mengedit sistem file, semisal Build.prop.
  • Mengubah file permission sebuah file.
  • Mematikan hp secara paksa ketika sedang booting.
  • Menggagalkan progres update firmware.

Pada lazimnya bootloop sendiri ada 3 tingkat macam masalah adalah tingkat bootloop easy, medium dan hard.

  1. Bootloop Ringan (Easy).

Bootloop yang satu ini terjadi karena operating cara terlalu banyak memproses aplikasi (Secara Game Berat) sehingga hp tiba-tiba saja segera bluescreen atau freezz.

Sesudah bluescreen, biasanya akan terjadi bootloop namun bukan saat booting, namun saat di halaman utama atau desktop.

  1. Bootloop Sedang (Medium).

Bootloop yang satu ini biasanya paling sering terjadi setelah Flashing rom baru, menginstall tweaks, mengedit build.prop, dan salah flash gapps.

  1. Bootloop Berat (Hard).

Nah, untuk bootloop yang satu ini yaitu kasus bootloop yang paling dahsyat imbasnya, karena anda tak dapat memasuki custom recorvery sama sekali, pun untuk menyambung USB ke komputer atau laptop itu juga sulit.

Nah, jika sudah seperti ini, biasanya emmcnya sudah kena (emmcnya error), sehingga untuk ngebetulinnya pasti sulit, dan emmcnya itu perlu di ganti baru.

Segera bagaimana cara merespon persoalan bootloop pada hp android sehingga hp kita dapat diterapkan kembali dengan normal. Berikut ini yaitu bagaimana cara memecahkan hp bootloop tanpa pc atau komputer dengan mudah tanpa mesti perlu ke bengkel hp untuk memperbaikinya.

3 Cara Menuntaskan Telpon Bootloop Tanpa PC Sesudah Pengguna Android

  1. Matikan Android

Cabut baterai, kartu SIM dan memori eksternal (Micro SD) lalu biarkan selama beberapa menit agar baterai tak memberikan energi terhadapa motherboard Android. Sesudah itu, pasangkan dan coba hidupkan kembali.

  1. Masuk Kedalam Android Stock Recovery Mode

Kita biasa menyebutnya sebagai Android Stock Recovery mode. Untuk dapat masuk kedalam mode ini, pastikan Android dalam keadaaan mati kemudian tekan kombinasi tombol agar Android masuk ke recovery mode. Hal penting yang perlu dipandang, tiap-tiap merk Tablet dan Sesudah Android mempunyai kombinasi tombol yang berbeda. Sebagai model:

  • jika Android dari Samsung biasanya dengan menekan kombinasi tombol Volume Up+ Home + Power secara berbarengan selama beberapa detik, maka akan masuk kedalam stock recovery mode.
  • Sesudah anda masuk, navigasikan dengan cara menekan tombol vol down untuk memilih “Wipe data/factory reset”. Langkah ini akan membuat Android Anda kembali ke pengontrolan permulaan. Sesudah data serta file yang ada di internal memori akan terhapus.
  • Sesudah itu, pilih Reboot System Now.
  1. Masuk kedalam Custom Recovery.

Sesudah Android sudah diroot atau sudah melaksanakan flashing custom ROM atau mod. Masuklah kedalam CWM recovery. Caranya.

  • Matikan lalu cabut baterai Android selama beberapa detik lalu pasangkan kembali.
  • Tekan tombol kombinasi untuk masuk kedalam CWM Recovery.
  • Sesudah anda sukses masuk, pilih “Wipe Data/Factory Reset”. Sesudah diminta konfirmasi tekan “Yes”.
  • Kalau arahkan lalu pilih menu “Advanced” kemudian pilih “Wipe Dalvik Cache”. Sesudah diminta konfirmasi tekan “Yes”.
  • Telpon cari lalu tekan“Mounts and Storage” kemudian tekan alternatif “format /data” dan “format /cache”. Hal ini akan menghapus data serta cache dari Android anda.
  • Terakhir pilih reboot.

Dengan melaksanakan langkah hal yang demikian, Sesudah dan Tablet Android biasanya akan kembali melaksanakan boot dengan normal.  kita lakukan diatas untuk memecahkan bootloop pada Android yaitu dengan menghapus data dan cache. Serta melaksanakan Factory Reset agar Android Anda kembali seperti baru.