Cara Install Ulang Windows 10 Menggunakan Flash Disk – Saat ini kebutuhan untuk user menggunakan laptop maupun PC sangat besar. Namun di balik penggunaan dan kebutuhan yang besar, juga terdapat berbagai masalah yang ada dalam perangkat computer tersebut. Salah satunya adalah operating system.

Dimana saat ini operating sytem dibutuhkan untuk menjembatani hardware dan software sehingga bisa bekerja secara optimal. Banyak pilihan operating system yang saat ini tersedia, namun windows family memang menjadi salah satu pilihan yang favorit untuk digunakan.

Windows family sendiri saat ini mempunyai banyak varian terkait operating system. Salah satunya adalah Windows 10. Windows 10, merupakan salah satu gebrakan terbaru dari perusahaan yang dipimpin oleh Bill gate tersebut.

Tetapi, setelah digunakan atau proses instalasi terdapat banyak masalah yang mungkin terjadi. Misalnya adanya indikasi crash system yang terjadi pada laptop ataupun PC atau Operating system yang failure (tidak bisa booting).

Namun anda tidak perlu khawatir jika hal ini terjadi, terutama tidak perlu repot untuk pergi ke service center hanya untuk install ulang. Hal itu bisa menjadi efisiensi anda jika bisa install ulang windows 10 sendiri. ITanyar.com akan memberikan cara install ulang windows 10 menggunakan flash disk.

Pada dasarnya, install ulang window 10 bisa menggunakan 2 media. Pertama menggunakan media flash disk ataupun menggunakan media cd/dvd. Pilihan 2 media ini memang digunakan untuk memudahkan anda untuk bagaimana cara install ulang windows 10. Namun untuk saat ini penggunaan dvd memang sudah jarang digunakan, karena banyak laptop yang sudah tidak menggunakan DVD ROM.

Sebelum masuk kedalam pokok bahasan, cara install ulang windows 10 menggunakan dvd atau flash disk, ada baiknya kita breakdown untuk pembahasannya.

  1. Persiapan media.
  2. Proses install ulang windows 10.

Cara membuat media untuk install ulang menggunakan flash disk :

  1. Flash disk
  2. Rufus (Untuk Download bisa disini : Download Rufus )

Cara untuk install ulang windows 10 menggunakan rufus:

  • Install Rufus, atau kalau anda pakai rufus dengan link diatas. Anda akan langsung menggunakannya. Karena menggunakan versi yang portable, hal tersebut untuk mempermudah anda dalam menggunakan dan mempercepat proses instalasi.
  • Lalu buka rufus yang sudah anda download, disitu akan anda dihadapkan program rufus. Anda cukup cocokkan settingan yang sudah kami rekomendasi dibawah ini :

Device : Pilih flash disk yang kita gunakan (Misal di drive E: atau yang lain).

Boot Selection : Klik select, kita pilih master iso windows 10 kita.

Partition Schema : MBR

Target System : Bios (UEFI-CSM)

Volume Label : otomatis terdetek oleh system.

File System : FAT32

Cluster Size : 4096 bytes (default).

  • Klik Start,setelah itu muncul peringatan untuk format drive yang kta pilih tadi. Klik ok.

  • Setelah flash drive yang sudah terisi dengan master windows 10 tersebut. Saat ini saatnya kita atur boot priority pada bios.
  • Kita restart PC atau laptop kita, lalu tekan F2 atau delete terus menerus untuk bisa masuk mode bios.
  • Terus pilih menu Boot, lalu pilih boot device priority (Tidak semua menu bios sama, namun masih dalam satu menu Boot).
  • Lalu pilih First Boot ataupun Boot Option #1 dengan flash disk yang sudah kita isi master windows 10 menggunakan rufus.
  • Lalu tekan F10 untuk save dan exit dari menu – menu bios.

  • Selanjutnya, anda akan dihadapkandengan blank screen hitam yang bertuliskan : press any key to boot from cd or dvd. Anda tekan enter atau keyboard terserah.

  • Langkah berikutnya, anda akan melihat tampilan windows setup. Disitu anda bisa memilih bahasa yang sesuai dnegan keinginan anda. Tentunyanya dengan language pack yang tersedia. Termasuk untuk memilih type input keyboard. Setting defaultnya sebagai berikut

Language to install : English (United States).

Time And Currency Format : English (United States).

Keyboard or input method : US

Lalu tekan next

  • Klik Install Now

  • Checklist “I Accept The List Terms” dan klik next.

  • Kemudian anda pilih “Custom:Install Windows Only (Advanced)”.

  • Pada step ini, anda akan dihadapkan dengan pilihan untuk meformat hdd yang terdapat file system yang sebelumnya. Mungkin anda disini diharuskan untuk format dua drive yang ada. Pertama adalah system reserved dan drive yang terdapat system anda.
  • Setelah sudah selesai urusan format, anda saat ini pilih untuk drive yang akan diinstall. Lalu klik next.
  • Setelah itu anda, hanya perlu menunggu untuk proses instalasi sampai akhirnya restart dan masuk ke dalam proses ke 9. Namun pada saat itu anda tidak usah menekan tombol keyboard apapun.

  • Selanjutnya proses memasukkan serial key yang anda punya, namun jika anda ingin memasukkan nanti juga bisa dengan menekan Do This Later. Namun jika mempunyai, silahkan diinput dan klik next.

  • Selanjutnya untuk setting desktop, anda pilih use express settings. Lalu anda pilih “I own It”. Setelah itu pilih Next.

  • Untuk selanjutnya, anda dihadapkan layar untuk mengisi account skype , kalau memang tidak punya account skype anda bisa this step.

  • Selanjutnya anda diharuskan untuk mengisi, nama password dan retype password. Setelah itu anda pilih next.

  • Tunggu sampai proses preparing desktop, dan sampai step ini. Proses instalasi windows 10 menggunakan flash disk selesai.

Akhirnya proses instalasi windows 10 selesai, namun perlu diperhatikan pada step ini mungkin banyak driver yang ada pada laptop dan PC anda tidak terinstall. Untuk itu anda bisa mencoba mendownload driver pada official website atau kalau tidak anda bisa menggunakan driver pack. Sekian tutorial cara install ulang windows 10 menggunakan flash disk.

 

 

 

 

2 COMMENTS

Comments are closed.