Tips Memilih Launcher yang Tepat Untuk Android

  • Whatsapp

Tips Memilih Launcher yang Tepat Untuk Android – Di fitur bawaan android sudah terdapat launcher dengan beberapa fungsi. Namun terkadang beberapa pengguna lebih senang menggunakan launcher dari pihak lain karena berbagai alasan. Misalnya bosan dengan tampilan ponsel yang monoton, ingin mengganti font secara lebih leluasa, sampai ingin merasakan pengalaman kustomisasi launcher secara lebih luas. Memang banyak sekali developer yang memunculkan aplikasi tersebut. Namun sebagai pengguna android yang baik, sebaiknya pilih dulu launcher mana yang cocok dengan ponsel.

Jangan sampai salah pilih launcher karena akan membuat kinerja smartphone terganggu. Sebab tidak semua aplikasi tersebut cocok dengan semua merk ponsel. Bahkan sangat tergantung juga dengan bagaimana kapasitas memori penyimpanan, RAM, hingga sistem operasi android anda. Tujuannya agar kinerja ponsel tetap optimal disisi lain tampilan smartphone tetap makin menarik. Jika anda sedang bingung memilih launcher android yang tepat, cobalah beberapa tips berikut ini.

Tips Memilih Launcher Android : 

  1. Perhatikan ukuran file

Launcher yang terlalu besar kapasitasnya justru akan menghambat kinerja smartphone. Maka dari itu pilih launcher dengan ukuran file paling kecil. Kinerjanya pun jauh lebih ringan. Selain itu, launcher yang terlalu berat akan membuat peforma ponsel lebih cepat panas. Jika spesifikasi smartphone terbatas, cobalah cari launcher yang kapasitasnya tidak sampai puluhan MB demi kelancaran kinerja smartphone.

  1. Fitur lengkap

Fitur launcher bawaan pada umumnya biasa saja. Maka dari itu aplikasi launcher dicari untuk memperoleh pengalaman lain dalam menggunakan launcher. Anda bisa mencari launcher yang menyediakan fitur application lock, RAM booster, Clean Memory, hingga Battery Saver. Dengan demikian, launcher pun makin multifungsi. Anda pun tidak perlu mengunduh aplikasi lain karena sudah mendapatkan manfaatnya pada fitur launcher tersebut.

  1. Tema dan kustomisasi

Pilih launcher yang memiliki banyak tema dan sejumlah kustomisasi menarik. Kemampuan mengutak-atik tema secara bebas merupakan nilai plus tersendiri pada sebuah launcher. Anda bisa melihat bagaimana review dari para pengguna sebelumnya atau review launcher pada website khusus. Jika launcher minim tema dan kustomisasi maka fungsinya tidak jauh berbeda dengan fitur bawaan smartphone.

  1. Hemat RAM

Tidak hanya yang berfitur lengkap. Launcher yang bagus adalah yang hemat RAM. Jika spesifikasi RAM terbatas, launcher haruslah yang ringan. Karena meskipun banyak fitur sementara kinerjanya boros RAM, launcher tidak lagi memudahkan anda namun akan membuat smartphone mudah lag dan panas. Pilih launcher yang permintaan kapasitas penyimpanannya ringan.

  1. Pastikan dari sumber terpercaya

Pastikan launcher yang anda unduh berasal dari sumber terpercaya. Jangan mengunduh launcher dari sembarang web. Hal ini bisa menjadi gerbang bagi virus untuk masuk. Anda bisa mencari launcher di Play Store. Biasanya launcher yang terpercaya tidak akan meminta konfirmasi password atau beberapa data pribadi lain. Jika launcher yang diunduh meminta data tersebut, keamanan aplikasi perlu dipertanyakan.

Demikian sejumlah tips yang bisa anda coba dalam memilih launcher untuk android. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related posts