Tips Menyimpan Smartphone Lama yang Tak Terpakai – Munculnya berbagai smartphone android dalam tipe-tipe baru membuat anda tergoda untuk meng-upgradenya. Hal ini membuat smartphone lama sudah tidak terpakai lagi. Banyak pengguna yang enggan menjual smartphone lamanya karena beberapa alasan. Karena sudah digunakan lagi, umumnya ponsel lama akan dibiarkan begitu saja meskipun masih baru. Jika ponsel tersebut dibiarkan begitu saja, maka lama kelamaan akan tidak bisa dioperasikan karena masalah hardware dan softwarenya.

Oleh sebab itu meskipun smartphone anda sudah lawas, anda tetap memperhatikan bagaimana penyimpanannya. Jika suatu saat anda hendak menjualnya pun smartphone masih awet sehingga harganya tidak turun terlalu jauh. Mulai dari memperhatikan baterai, fisik smartphone, sampai komponen kelengkapannya wajib kita ketahui. Nah jika anda masih enggan menjual ponsel lama, cobalah menyimpannya secara benar dengan beberapa tips-nya berikut ini.

Tips Menyimpan Smartphone Lama

  1. Isi baterai smartphone hingga penuh

Meskipun sudah tidak terpakai lagi, sebaiknya jangan biarkan smartphone anda dalam kondisi baterai tidak penuh bahkan kosong. Tujuan mengisi baterai hingga penuh agar ponsel tidak cepat rusak dan mudah dinyalakan lagi jika suatu saat dibutuhkan. Jika smartphone tidak aktif dalam waktu lama sementara kondisi baterai kosong, anda memerlukan waktu lebih lama untuk mengisi baterai dan menghidupkannya.

  1. Lepas baterai dan letakan di box

Jika baterai smartphone berjenis removable, simpan ponsel dengan melepas baterai dan letakan di dusbox. Tujuannya agar ponsel tetap baru dan awet meskipun tidak lagi digunakan. Jika baterainya tanam, cukup letakan perangkat di dusbox beserta charger dan perangkat lain yang tidak terpakai.

  1. Cek kondisi smartphone secara berkala

Cek kondisi smartphone secara berkala meskipun sudah tidak pernah lagi menggunakannya. Selama 3 bulan sekali, anda bisa mengecek kondisi fisik baterai dan cashing ponsel. Tidak ada salahnya sesekali menghidupkan smartphone lama anda. Jangan membiarkan ponsel mati terlalu lama. Dengan mengecek secara berkala, ponsel pun kecil kemungkinan mengalami kondisi mati total.

  1. Sesekali nyalakan ponsel lama

Jika disimpan dalam waktu lama, dikhawatirkan hardware dan software smartphone mengalami kerusakan. Maka tak ada salahnya menyalakan ponsel sesekali. Bisa dalam waktu 1-3 bulan anda mesti mengeceknya sesekali. Cobalah gunakan untuk bermain medsos, mengirim pesan, dll. Setelah pengecekan, simpan kembali ponsel seperti cara di poin ke-2.

  1. Simpan di tempat yang suhunya normal

Simpan smartphone di tempat yang suhunya normal. Tidak terlalu panas atau lembab. Jangan simpan di tempat yang sinar mataharinya terlalu kuat. Komponen pun tidak akan mudah berkorosif berkat dukungan suhu yang normal. Dengan cara penyimpanan yang benar, jika suatu saat ini ingin menjual ponsel tersebut, harganya pun tidak turun drastis karena masih awet.

Itu dia sejumlah tips yang bisa anda coba untuk menyimpan smartphone lama yang sudah tidak terpakai lagi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.