Tips Yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Smartphone Android

Posted on

Tips Yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Smartphone Android – Smartphone android yang baru beli memerlukan beberapa perawatan khusus. Tujuannya agar peforma ponsel tetap awet dalam waktu lama. Banyak orang salah kaprah bahwa smartphone yang masih baru tetap bisa bekerja maksimal tanpa perawatan. Namun ternyata salah melakukan perawatan akan membuat ponsel berumur lebih pendek. Terutama pada bagian baterainya. Terlebih baterai kebanyakan smartphone masakini sudah berjenis tanam sehingga perlu dijaga keawetannya.

Selain menjaga baterai, keaslian smartphone pun wajib kita teliti lagi. Sebab banyak sekali replika ponsel yang hampir sama seperti aslinya. Bahkan ada yang tidak segan menjualnya dengan harga yang sama dengan aslinya. Agar penggunaan smartphone lebih awet dan tidak menyia-nyiakan budget yang anda keluarkan, pasca membeli ponsel ada baiknya melakukan serangkaian trik khusus. Berikut tips selengkapnya yang perlu dilakukan setelah membeli smartphone android.

Tips Setelah Membeli Smartphone Android

  1. Kalibrasi baterai

Kalibrasi baterai bertujuan untuk membuat baterai mencapai peforma maksimal dan lebih awet. Cara melakukan kalibrasi yakni menggunakan smartphone secara normal sampai baterainya habis. Cash lagi hingga benar-benar penuh tanpa terputus. Anda bisa mematikan daya untuk melakukan hal tersebut. Lakukan hal tersebut sampai dua minggu pertama pembelian ponsel. Dengan cara tersebut, baterai diharapkan tidak cepat aus.

  1. Cek keaslian smartphone

Berhati-hati ketika membeli ponsel. Beberapa vendor seperti Samsung, Xiaomi, bahkan dari Apple menjadi sasaran replika para produsen nakal. Mengecek keaslian smartphone bisa dengan mengidentifikasi nomor IMEI. Ketik *#06# kemudian tekan Call. Sesuaikan nomor IMEI pada box dengan perangkat. Masukan nomor IMEI di situs resmi vendor ponsel tersebut untuk mengidentifikasi keasliannya secara lebih optimal.

  1. Pastikan kembali fisik smartphone tidak cacat

Pastikan lagi fisik smartphone tidak mengalami kerusakan. Baik itu pada bagian cashing, layar, hingga beberapa komponen lain. Jangan sampai ketika sudah lama membeli anda baru sadar bahwa terdapat cacat bawaan pabrik. Jika anda lebih cepat mengidentifikasinya, proses klaim pun jauh lebih cepat. Jadi jangan abai pada kualitas meskipun smartphone anda masih baru.

  1. Perhatikan setting paket data

Pastikan pengaturan paket data sudah benar sebelum terkoneksi ke internet. Setting paket data yang tepat tidak akan menyebabkan pulsa tersedot karena salah pengaturan. Cobalah aktifkan setting pengingat penggunaan kuota agar penggunannya bisa dipantau. Setting jaringan sesuai yang terkuat di daerah anda. Anda bisa melakukan setting 4G atau 3G only pada jaringan seluler.

  1. Pasang pelindung layar

Meskipun semua smartphone masakini sudah menggunakan Gorilla Glass, sebaiknya tetap pasang pelindung layar. Gorilla glass hanya bersiat scartch resistant dimana tetap bisa tergores meskipun terkena butiran debu yang ada di tas, saku celana, dsb. Maka lengkapi dengan pelindung tambahan agar layar tetap awet sehingga lebih hemat biaya untuk service.

 

Itu dia beberapa tips yang wajib dilakukan setelah membeli smartphone agar tetap awet untuk kedepannya. Semoga bermanfaat.