Tutorial Restore Windows 10 – Nah, dikesempatan kali ini saya akan memberi tahu tutorial merestore Windows 10. Jadi pada artikel ini kita akan membahas tentang restore/backup pada Windows 10 yaa. Sebelumnya guys, agar kita dapat menggunakan system restore, kita harus membuat restore point lebih dahulu dengan menggunakan tool system restore point.  Dengan cara seperti ini, apabila komputer kita terinfeksi atau terjangkit virus atau mengalami error, maka kita dapat dengan mudah mengembalikannya pada kondisi semula guys.

Perlu diketahui sebelumnya nih guys, waktu melakukan restore Windows 10 akan betul-betul mengembalikan seluruh file seperti awal yaa. Semua file dokumen, foto, dan sebagainya yang dibuat itu setelah di restore point maka bakal hilang. Contohnya nih kita buat restore point tanggal 7 April 2019 terus kita melakukan restore di tanggal 10 Mei 2019, nah semua yang ada antara 7 April 2019 sampai  10 Mei 2019 bakalan hilang guys. Selain file-file tadi yang bakal hilang, aplikasi yang terinstal juga bakal terhapus.

 

Berikut tutorial merestore Windows 10 dengan System Restore Point:

  1. Langkah pertama yaitu ketik Sysdm.cpl di Menu Start atau pada kolom pencarian atau dapat juga lewat Runlalu tekan Enter untuk membuka System Properties.

  1. Setelah muncul jendela System Properties, lalu kita pindah ke tab System Protection.
  2. Pada bagian Protection Settings, kita pastikan proteksi untuk drive sistem (partisi Windows) aktif. Kemudian di bagian System Restore, pilih tombol dengan label System Restore guna membuka System Restore Wizard.
  3. Setelah itu kita klik Nextguna melihat semua restore point yang pernah dibuat.

Sedikit catatan guys, bila kita sebelumnya pernah pakai system restore, kita akan lihat tampilan seperti di bawah ini dengan pilihan untuk membatalkan system restore. Klik Choose a different restore point, kemudian Next untuk memunculkan semua restore point yang sudah pernah dibuat.

  1. Apabila terdapat restore point yang tersembunyi, kita klik opsi Show more restore points guna menampilkan semua restore point yang pernah dibuat.

Seperti pada gambar di atas, restore point paling baru ditampilkan di daftar paling atas lengkap dengan tanggal, waktu, dan keterangan.

Saran dari penulis sebaiknya kita melihat aplikasi apa saja yang bakal dihapus kalau kita mengembalikan Windows 10 pakai restore point. Caranya kita bisa pilih restore point yang ingin digunakan, klik Scan for affected programs. Kemudian Windows akan menampilkan semua aplikasi yang terhapus ketika kita merestore Windows dengan restore point dan aplikasi yang diperbarui setelah membuat restore point akan dikembalikan pada versi sebelumnya.

  1. Setelah itu kita pilih restore pointyang ingin digunakan untuk mengembalikan Windows 10 pada kondisi awal, klik Next.
  2. Yang terakhir yaitu klik Finishguna memulai proses restore.

Maka PC akan otomatis me-reboot untuk memulai proses restore. Lamanya proses restore ini tergantung pada banyaknya aplikasi serta pengaturan yang akan dikembalikan. Ketika sudah selesai, akan muncul pesan “System Restore completed successfully” di desktop.

Begitulah cara me-restore Windows 10, semoga artikel ini bermafaat dan mudah untuk diikuti. Terimakasih.