Laptop adalah salah satu benda yang dibutuhkan saat ini. Laptop dibutuhkan mulai dari mereka yang masih sekolah hingga mereka yang sudah bekerja. Oleh karena itulah, keadaan laptop baik secra fisik maupun perangkat lunaknya harus selalu dalam kondisi yang prima. Terlebih karena sudah pasti data-data yang ada didalam laptop tersebut sangatlah penting. Lalu bagaimana jika laptop menjadi lemot atau menjadi lebih pelan kinerjanya? Berikut ini ada beberapa cara mempercepat kinerja laptop yang bisa kamu lakukan. Namun, secara umum ada dua penyebab mengapa laptop menjadi lemot yakni masalah software atau hardware.

Untuk cara mempercepat kinerja laptop dari sisi software adalah sebagai berikut:

Scan Virus

Salah satu penyebab yang mungkin membuat laptop menjadi lemot adalah keberadaan virus yang terus aktif di laptop atau komputermu. Hal pertama yang bisa kamu lakukan sebagai cara mempercepat kinerja laptop adalah dengan menggunakan antivirus. Lakukan scan penuh dengan menggunakan antivirus terbaru sehingga virus yang ada dalam laptop atau PC kamu hilang.

Kurangi Data di C

Cara mempercepat kinerja laptop adalah dengan mengurangi data di C. Hardisk yang terlalu penuh dapat menyebabkan laptop menjadi lemot. Akan lebih baik juga apabila kamu menambah ruang pada data C. Dengan demikian kamu dapat menginstal program atau software yang lebih banyak lagi.

Lakukan Defrag

Selanjutnya, cara mempercepat kinerja laptop lainnya adalah dengan melakukan defragmentasi. Apabila hardisk terlalu terfragmentasi dan berisi sampah maka kamu melakukan defragmentasi. Kamu bisa menggunakan software atau program seperti Tune Up atau program dan software lainnya.

Instal Ulang

Apabila urusan software sudah terlalu berat dan upaya untuk meringankannya tidak memberikan dampak banyak, maka salah satu cara mempercepat kinerja laptop adalah dengan mengnstal ulang. Penginstalan ulang ini bisa dengan Sistem Operasi yang sama, atau apabila OS tersebut terlalu berat untuk dijalankan maka akan ada baiknya jika melakukan downgrade atau menginstal OS yang lebih rendah.

Selain cara mempercepat kinerja laptop dengan mengatasi sisi software, kamu juga dapat melakukan upaya dari sisi hardware untuk mempercepat kinerja laptop. Berikut caranya:

Bersihkan Fan

Ciri ketika laptop menjadi lemot karena fan dari laptop adalah apabila laptop menjadi panas dan laptop menjadi lemot juga hingga hang dan restart. Salah satu cara mempercepat kinerja laptop adalah dengan membersihakn fan laptop, menambah pasta pada prosesor. Harapannya, dengan cara tersebut laptop berkurang panasnya dan mengurangi beban prosesor sehingga tidak lemot.

Hardisk

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, hardisk dapat menjadi masalah apabila isinya terlalu penuh. Selain menghapus file yang sudah tidak terpakai, menguninstall program yang sudah tidak dipakai, atau membackup pada hardisk eksternal. Saran terbaik adalah dengan mengganti hardisk yang baru dengan kecepatan menulis yang lebih cepat dan juga ukuran yang lebih besar.

Namun meskipun demikian, perlu mencari hardisk yang sesuai dengan laptop yang dimiliki dan tidak semua laptop mendukung untuk pergantian hardisk alias tertanam pada motherboard. Untuk mengetahuinya, kamu bisa browsing di internet mengenai spesifikasi dari laptopmu.

Itulah beberapa cara mempercepat kinerja laptop yang bisa kamu lakukan. Hanya saja apabila masih belum dapat memberikan dampak, akan lebih baik jika kamu membawanya ke pihak servis yang lebih profesional. Semoga artikel ini membantu dan beberapa langkahnya dapat dipahami.