Cara agar hp tidak lemot – Bagi pemilik smartphone baik android maupun sistem operasi lainnya tentu pernah mengalami situasi dimana hp menjadi freeze, lemot atau bermasalah hingga restart sendiri. Hal tersebut terjadi karena hp bekerja terlalu keras atau terlalu banyak menjalankan aplikasi. Lalu bagaimana cara untuk menghindari atau cara agar hp tidak lemot? Berikut ini ada beberapa tips serta penjelasannya untuk kamu.

Tips atau cara agar hp tidak lemot adalah sebagai berikut:

  1. Tidak menggunakan banyak aplikasi sekaligus.

Terkadang kita menganggap bahwa semua smartphone memiliki kemampuan multitasking atau kemmapuan untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Memang demikian, namun tentu saja kemampuan di setiap smartphone berbeda dan hal itu tergantung pada RAM yang tersedia pada smartphone tersebut.

Smartphone dengan RAM yang lebih luas menjadi lebih leluasa dalam menjalankan banyak aplikasi sehingga multitasking pun menjadi lancar. Sedangkan ram yang masih tergolong kecil tentu sangat terbatas dalam menjalankan banyak aplikasi seperti mendengarkan lagu sambil bermain game tentu akan menjadi sangat berat.

Cara agar hp tidak lemot yang pertama adalah dengan menutup aplikasi yang sedang tidak kamu gunakan atau tidak menggunakan banyak aplikasi sekaligus. Padahal sebenarnya tidak sedikit aplikasi yang berjalan di background yang mungkin perlu kamu bersihkan dengan aplikasi tertentu. Jika masih saja mengalami lemot, itu artinya kamu harus mengupgrade smartphone atau hpmu.

  1. Sisakan Memori Internal

Salah satu alasan mengapa smartphone atau hp menjadi lemot adalah karena kamu menginstal terlalu banyak aplikasi di smartphone kamu. Hal ini akan menjadi semakin buruk apabila smartphone atau hp mu sampai menunjukkan bahwa memori internal smartphone mu penuh. Hindari pemakaian smartphone hingga terlalu penuh, legakan dengan menghapus sebagian aplikasi yang tidak digunakan atau memindahkan file yang dapat dipindah ke memori eksternal seperti lagu atau gambar.

Salah satu cara agar hp tidak lemot lainnya adalah menginstal aplikasi pembersih untuk menghapus file-file sampah yang sudah tidak dibutuhkan lagi di smartphone. Karena semakin banyak atau sering kita menginstal aplikasi maka akan banyak meninggalkan residu.

  1. Pilih Jaringan Internet Terkuat

Ada alasan mengapa memilih jaringan internet terkuat dan tercepat menjadi salah satu cara agar hp tidak lemot. Alasannya adalah karena smartphone kita berisi banyak aplikasi yang membutuhkan jaringan internet dan apabila aplikasi tersebut tidak mendapatkan jaringan internet maka aplikasi tersebut akan terus mencari aliran data. Disitulah smartphone akan menjadi lemot.

Oleh karena itulah sebagai salah satu cara agar hp tidak lemot adalah dengan memilih jaringan internet terkuat sehingga kebutuhan data aplikasimu terpenuhi.

  1. Reset Smartphone

Apabila smartphone mu tidak ada perubahan setelah melakukan berbagai cara agar hp tidak lemot diatas, maka satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah mereset smartphone mu ke awal. Dengan mereset ulang smartphonemu, maka semua data aplikasi dan data lainnya akan terhapus dan smartphone mu akan kembali seperti baru tanpa beban aplikasi. Namun, jangan lupa untuk membackup data penting seperti foto dan juga kontak ke memori eksternal dan salah satu tips tambahan lainnya adalah bijaklah dalam menginstal aplikasi ke smartphone mu yang telah direset agar tidak kembali cepat penuh dan kembali menjadi lemot.

Semoga cara agar hp tidak lemot diatas dapat berguna sehingga kamu tidak perlu untuk membeli smartphone baru.