Cara Mengatasi Perangkat Android Yang Mudah Panas – Seperti yang telah bisa Anda lihat bahwa perangkat dengan sistem operasi Android seperti misalnya smartphone dan tablet memang sangatlah populer. Perangkat berbasis Android sendiri kini telah digunakan oleh hampir semua orang karena perangkat yang satu ini memang memiliki fungsi yang sangat beragam di mana tidak lagi hanya berfungsi sebagai alat komunikasi semata, tetapi juga bisa Anda gunakan sebagai sarana hiburan maupun untuk membantu pekerjaan dan bisnis Anda.

Perangkat berbasis Android memang memiliki manfaat yang begitu besar dalam membantu Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari, namun demikian perangkat tersebut juga terkadang mengalami beberapa masalah. Salah satu masalah yang sering dialami oleh para pengguna Android adalah perangkatnya yang mudah panas padahal Anda merasa tidak menggunakan perangkat Android untuk membuka aplikasi atau game yang berat. Masalah yang satu ini tentu saja akan membuat Anda tidak nyaman, berikut ini akan kami ulas cara untuk mengatasi perangkat Android yang mudah panas.

Cara Mengatasi Perangkat Android Yang Mudah Panas

  1. Menggunakan Aplikasi Pendingin

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi perangkat Android yang mudah panas adalah menggunakan aplikasi pendingin, cara yang satu ini sangatlah efektif untuk mencegah panas berlebih pada perangkat berbasis Android. Sekarang ini Anda telah bisa menemukan berbagai macam aplikasi pendingin baik itu aplikasi pendingin CPU maupun aplikasi pendingin baterai yang tersedia di Google Play Store, biasanya aplikasi-aplikasi tersebut juga akan mampu untuk menghemat baterai.

  1. Menghapus Aplikasi Yang Membebani RAM

Cara kedua yang juga bisa Anda lakukan guna mengatasi perangkat Android yang mudah panas yakni menghapus aplikasi-aplikasi yang membebani RAM. Perlu diketahui bahwa ada sebagian aplikasi yang akan membebani kinerja RAM sehingga membuat perangkat Android lebih cepat panas dan mengalami overheating, alangkah baiknya apabila Anda menghapus beberapa aplikasi ataupun game yang berat sehingga smartphone Anda tidak mudah panas.

  1. Pastikan Menggunakan Jaringan Yang Stabil

Untuk mengatasi perangjat Android yang nudah panas, Anda juga harus menggunakan jaringan yang stabil. Hal ini disebabkan karena jaringan seluler yang tidak stabil akan membuat perangkat Android bekerja dengan lebih keras untuk mencari sinyal yang kuat sehingga tentu saja hal ini akan bisa memicu perangkat Android menjadi cepat panas. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengunci penerimaan jaringan pada jaringan tertentu seperti misalnya 3G only ataupun 4G only.

  1. Istirahatkan Smartphone Sejenak

Cara lain yang juga bisa dilakukan untuk mengatasi perangkat Android yang mudah panas adalah dengan mengistirahatkan smartphone, hal ini dikarenakan pemakaian smartphone atau tablet secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama akan membuat perangkat menjadi panas. Alangkah baiknya apabila Anda menahan diri untuk tidak menggunakan Android barang sejenak seperti misalnya satu atau dua jam sehingga perangkat Android bisa beristirahat.

Bagi Anda yang perangkat Androidnya mudah panas, Anda bisa mencoba melakukan beberapa cara yang telah disebutkan di atas untuk mengatasi masalah tersebut.