Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Smartphone Android – Terkadang kita tidak sengaja menghapus file seperti kontak, foto, video, dsb padahal masih sangat penting. Tidak perlu khawatir karena android pada dasarnya juga bisa diatur layaknya penggunaan Recycle bin pada PC. Untuk mengembalikan file yang terhapus, kita bisa menggunakan beberapa aplikasi. Aplikasi tersebut bermanfaat untuk mengembalikan file dengan beberapa cara mudah. ada yang memerlukan bantuan PC, khusus untuk ponsel yang sudah mengalami rooting, hingga yang bisa digunakan begitu saja.

Cara menggunakan aplikasi tersebut pun mudah. Aplikasi akan bekerja layaknya Recycle bin yang mampu menampung file. Jenis aplikasinya pun sangat beragam. Fungsinya bisa mengembalikan sejumlah jenis file hanya dengan sekali tap. Anda bisa memilih cara mana yang sesuai dengan kebutuhan. Apakah itu untuk ponsel yang sudah di-root atau sebaliknya. Nah jika anda ingin mengembalikan file yang tidak sengaja dihapus, cobalah menggunakan beberapa cara berikut ini.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus

  1. Menggunakan Wondershare Dr.Fone 

Jika data sebelumnya tersimpan di file kartu SD, anda bisa menggunakan software satu ini untuk restore file. Install aplikasi Wondershare Dr.Fone. setelah itu hubungkan android dengan kabel USB ke PC. Aktifkan USB Debugging. Anda akan terhubung dengan perangkat lunak melalui PC. Folder tempat file yang dimaksud. Kemudian klik next. Setelah itu Dr.Fone akan melakukan full scan file. Anda akan melihat semua file yang telah dihapus. Pilih file yang diinginkan dan tekan Recover.

  1. Menggunakan MobiKin Doctor

Software satu ini mampu memulihkan foto, MP3, pesan teks, sampai kontak yang terhapus. Namun untuk menggunakannya anda harus mengunduh software di PC. Setelah diunduh, hubungkan ponsel ke PC dan aktifkan USB Debugging. Beri tanda file yang ingin di-restore. Setelah itu tekan opsi Recover yang ada di sebelah kiri. File yang anda hapus pun akan kembali ke penyimpanan.

  1. Menggunakan DiskDigger Undelete

Aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh perangkat yang sudah di-root. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, buka aplikasi dan pilih partisi untuk menemukan lokasi file yang hendak dipulihkan. DiskDigger akan menampilkan file yang dihapus. Tandai file yang akan dikembalikan kemudian tekan tombol Save dan simpan di folder yang anda kehendaki. File yang terhapus pun sudah tersimpan kembali seperti semula.

  1. Menggunakan ES File Explorer

ES File Explorer berfungsi mengelola software android secara optimal. Fitur layaknya Recycle Bin pun tersedia. Untuk menggunakannya, buka aplikasi kemudian klik menu di bagian sidebar kiri. Pilih Recycle Bin dan klik untuk diaktifkan. Klik Recycle Bin dan lihat semua file yang terhapus. Pilih file yang akan kembalikan kemudian tunggu beberapa saat. File pun sudah bisa anda dapatkan kembali. Aplikasi ini terbilang mudah dan bisa digunakan untuk ponsel yang belum di-root.

Itu dia beberapa cara mudah mengembalikan file yang terhapus di ponsel android. Semoga membantu dan selamat mencoba.