Tips Aman Menyelamatkan HP Android yang Terkena Air – Meskipun sudah banyak smartphone yang tahan air, namun sebagian besar smartphone spek menengah masih belum tahan air. Pada dasarnya perangkat android termasuk ke dalam barang elektronik yang rentan terhadap air. Jika kondisi smartphone basah, dikhawatirkan akan terjadi konsleting listrik. Pada bagian baterai dan mesin terdapat sistem arus listrik yang akan error jika terkena air. Maka jika ponsel tidak sengaja terjatuh ke air, anda mesti melakukan pertolongan pertama secepat mungkin.

Semakin cepat pertolongan maka kerusakan parah akan dicegah. Jangan sampai air masuk terlalu dalam ke komponen karena akan semakin sulit memperbaikinya. Sebelum membawa ke service center, ada baiknya segera keringkan dan amankan ponsel dari kelembapan. Bisa dengan cara mengelap menggunakan kain, menggunakan vacum cleaner, dll. Jika anda penasaran bagaimana tips selengkapnya untuk menyelamatkan hp yang terkena air, cobalah beberapa tipsnya berikut ini.

Tips Menyelematkan HP yang Terkena Air

  1. Amankan hp dari air dan segera matikan

Angka HP dari air. segera amankan agar tidak terlalu lama tergenang di air. Tergenang di air terlalu lama akan menyebabkan ponsel mudah mengalami konsleting. Kemudian segera matikan ponsel. Jangan terburu mengecek apakah ponsel masih berfungsi atau sebaliknya. Pasalnya dalam kondisi basah sementara ponsel menyala, dikhawatirkan akan terjadi hubungan arus pendek dan memperparah potensi kerusakan.

  1. Lepas cashing, baterai, SIM dan memori card

Lepaskan semua komponen pada smartphone. Mulai dari cashing, SIM dan SD card, hingga baterai. Jika baterai tanam, melepas port SIM dan SD card saja sudah cukup. Melepas pemasangan komponen tersebut bertujuan mengurangi konsleting dan penyebaran partikel air. Setelah semua komponen terlepas, anda bisa lanjut ke langkah berikutnya.

  1. Keringkan dengan kain bersih

Setelah melepaskan semua komponen, langsung keringkan semuanya dengan kain bersih. Pilih kain yang menyerap air. Bersihkan sampai benar-benar kering. Di slot USB, lubang headset, dan beberapa port lain, tiup area tersebut agar air tidak terperangkap di dalamnya. Lakukan pengeringan secara hati-hati ketika membersihkan smartphone. Jika sudah benar-benar kering, lakukan langkah lainnya.

  1. Gunakan vacum cleaner

Vacum cleaner bermanfaat untuk menyerap air sehingga proses pengeringan lebih cepat. Sebaiknya jangan gunakan hair dryer karena akan membuat partikel air menyebar ke komponen lainnya. Dalam menggunakan vacum cleaner, sebaiknya gunakan dengan suhu sedang dan keringkan dengan jarak 40 cm. Hati-hati jangan sampai mengenai port tertentu karena justru akan menyebabkan ponsel mengalami kerusakan. Jika sudah dirasa kering, hentikan penggunaan vacum cleaner.

  1. Pasang kembali komponen

Jika memang semua komponen sudah benar-benar kering, cobalah pasang semuanya kembali. Nyalakan smartphone. Jika tidak bisa menyala, cobalah charge terlebih dulu. Bisa jadi baterainya habis. Jika smartphone masih tidak mau menyala sementara baterai penuh, kemungkinan kerusakan ada pada baterai. Coba gunakan baterai ponsel lain jika memungkinkan. Atau anda bisa langsung ke service center untuk memperbaiki masalah baterai.

Itu dia beberapa tips mengamankan hp yang tidak sengaja terkena air. Selamat mencoba dan semoga membantu anda.