Tips Melindungi Ponsel Android dari Hacker – Smartphone android memiliki jaminan keamanan dari Google ketika ia tidak mengalami rooting. Namun terkadang beberapa hacker mampu menyelinap ke ponsel android meskipun memiliki proteksi tersendiri. Hal ini bisa disebabkan karena anda menggunakan browser yang tidak aman, kerap menyimpan password pada browser, sampai menggunakan aplikasi tidak resmi yang notabene bisa menjadi jalan hacker untuk masuk. Agar peforma ponsel tetap optimal, kita wajib tahu bagaimana tips melindungi perangkat tersebut dari hacker.

Jangan sampai peretas mampu membaca dan mencuri data penting anda. seperti yang kita ketahui, hampir semua pengguna android menyimpan berbagai data seperti kontak, catatan, file, foto, hingga password akun tertentu di android. banyak hacker yang memburunya sebagai sasaran empuk untuk dicuri dengan berbagai tujuan. Agar menggunakan android tetap aman, cobalah lindungi ponsel anda dengan beberapa cara tepat. Berikut tips selengkapnya.

Tips Melindungi Ponsel dari Hacker

  1. Gunakan browser yang aman

Menggunakan browser yang tidak jelas kualitasnya akan berpotensi membuka celah bagi para hacker. Maka pertimbangkan keamanan browser terlebih dulu sebelum menggunakannya. Anda bisa melihat reviewnya terlebih dulu sebelum mengunduh browser. Selain itu sistem pengamanan virus dan beberapa data penting juga sebaiknya tersedia pada aplikasi browser tersebut.

  1. Tidak menyimpan password di browser

Karena browser menjadi pintu masuk para hacker, ada baiknya tidak menyimpan password di browser. Memang untuk alasan kepraktisan terkadang password email, media sosial, dan berbagai akun lain disimpan. Namun jika kebiasaan tersebut berlanjut, hacker akan mudah membajak akun tersebut melalui browser.

  1. Menggunakan aplikasi resmi

Hindari menginstall aplikasi tidak resmi yang berasal dari situs-situs tidak dipercaya. Aplikasi tertentu akan meminta hak akses pada memori penyimpanan, kamera, kontak, dsb. Jika dari sumbernya saja sudah mencurigakan, dikhawatirkan aplikasi tersebut akan menjadi tempat hacker masuk dan mencuri data-data anda. Maka dari itu pastikan install aplikasi dari sumber resmi untuk antisipasi awal.

  1. Rajin backup data

Mencadangkan data adalah cara tepat untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan. Misalnya pencurian ponsel, virus, sampai ulah hacker lainnya. Jika anda memiliki cadangannya, anda pun tidak perlu khawatir. Jangan lupa juga selalu cadangkan chat untuk mengantisipasi hal serupa. Anda bisa melakukan pencadangan secara rutin baik dengan cara manual atau aplikasi.

  1. Gunakan antivirus berkualitas

Upayakan pasang antivirus yang sudah benar-benar teruji kualitasnya. Antivirus berperan mencegah berbagai macam hal asing masuk ke dalam ponsel anda. Bahkan ketika memasang aplikasi yang mencurigakan, antivirus akan memberikan peringatan terlebih dulu. Dengan tamen antivirus, ponsel pun akan selamat dari hacker dan data anda pun akan lebih aman.

 

Itu dia sejumlah cara melindungi ponsel dari ancaman hacker. Selamat mencoba dan semoga membantu anda.