Tips Mengamankan Android yang Sudah Di-Root – Banyak pengguna android yang pada akhirnya melakukan rooting smartphone mereka. Rooting smartphone bertujuan membuka hak akses sehingga pengguna bisa leluasa mengutak-atik perangkat android mereka. Dengan rooting smartphone, kita bisa menghapus aplikasi bawaan, memilih aplikasi sesuai keinginan, dan melakukan sejumlah kustomisasi lain secara bebas. Sayangnya android yang sudah di-root akan membuat sistem keamanannya menjadi longgar. Ponsel akan mudah terkena virus bahkan yang paling parah sekalipun.

Maka jika anda memiliki ponsel yang sudah di-root, anda bisa mencoba beberapa tips mengamankannya. Pengamanan ponsel ini bertujuan agar smartphone tidak kehilangan data jika terjadi bootlop secara mendadak, ponsel diretas, atau data anda dirusak oleh malware. Banyak cara yang bisa kita coba. Cara tersebut sebenarnya mudah dan bahkan bisa dilakukan oleh para pemula. Berikut tips selengkapnya untuk mengamankan android yang sudah di-root.

Tips Mengamankan Android yang Sudah Di-Root

  1. Mengelola izin aplikasi

Tetap kelola izin aplikasi meskipun smartphone sudah di-root. Tujuannya agar keamanan smartphone lebih terjaga. Nantinya ponsel akan mengizinkan atau menolak pemasangan aplikasi. Mengelola izin aplikasi bisa dilakukan secara otomatis atau dengan aplikasi tertentu. Jika tidak ada izin aplikasi, dikhawatirkan tidak ada filter penyaring aplikasi yang terpasang ke ponsel.

  1. Jangan install aplikasi tidak resmi

Hal ini tak hanya berlaku bagi ponsel yang belum di-root namun juga yang sudah mengalami proses rooting. Tujuannya agar potensi malware masuk tidak semakin besar. Sebab ponsel yang sudah mengalami rooting akan membuat sistem keamanannya lemah. Untuk antisipasi, upayakan selalu mengunduh aplikasi di Play Store. Jika memang ingin mengunduh melalui web, pastikan web tersebut memang kredibel dan aman.

  1. Jangan hapus semua aplikasi bawaan

Adanya hak akses khusus membuat kita bisa menghapus aplikasi bawaan. Hal ini menguntungkan ruang penyimpanan. Namun beberapa aplikasi bawaan bertugas menjalankan sistem secara sempurna. Jika semua aplikasi bawaan anda hapus, maka ponsel akan menjadi tidak stabil dan error. Maka jika ingin menghapus aplikasi bawaan, pastikan anda tahu fungsinya dulu.

  1. Gunakan anti virus

Anti virus mungkin di-klaim Google tidak terlalu berguna untuk ponsel yang masih dalam keadaan root. Namun jika sudah di-root, sistem keamanan ponsel menjadi tidak terjamin. Maka untuk antisipasi, baiknya gunakan antivirus. Selain menangkal malware, antivirus juga bermanfaat membantu pemindaian ponsel secara aman. Pilih antivirus berkualitas agar keamanan ponsel makin maksimal.

  1. Selalu backup

Rajin-rajinlah mem-backup data ponsel. Pasalnya ketika kita memodifikasi sistem android, beberapa kerusakan seperti bootlop, softbrick sampai mati total bisa saja terjadi tiba-tiba. Pastikan data-data penting dicadangkan setiap hari. Anda bisa menggunakan Titanium Backup atau aplikasi backup lain. Fungsinya untuk mencadangkan berbagai data secara otomatis. Mulai dari memulihkan, memindahkan, dsb.

Demikian beberapa trik agar smartphone android yang sudah di-root tetap aman dari virus dan berbagai gangguan lainnya. Selamat mencoba.