Tips Menghemat Memori Penyimpanan di HP Android – Sejumlah smartphone keluaran baru sudah dibekali dengan memori penyimpanan besar. Namun terkadang seberapa besar memori yang tersedia akan terasa mudah penuh. Terlebih jika anda aktif menyimpan dokumen, berfoto, hingga menginstall aplikasi. Maka memori penyimpanan pun akan mudah penuh. Jika penyimpanan penuh, beberapa sistem android akan mengalami masalah. Misalnya saja mudah lag karena kesulitan mengakses perintah. Belum lagi beberapa masalah lain dalam menyimpan data.

Maka dari itu meskipun smartphone anda memiliki kapasitas memori yang luas, ada baiknya untuk tetap melakukan penghematan. Menghemat memori penyimpanan juga bertujuan agar penggunaan data internet untuk mengunduh aplikasi dan gambar lebih efisien. Anda bisa mencoba menghemat dengan beberapa cara mudah. Bahkan tanpa mengorbankan file penting, upaya tersebut tetap bisa kita lakukan. Nah berikut ini ulasan lebih lanjut untuk berbagai tips menghemat memori penyimpanan android.

Tips Menghemat Memori Penyimpanan

  1. Hapus pesan lama

Meskipun terdengar sepele, pesan yang sudah terlalu lama akan memakan kapasitas memori penyimpanan. Maka cobalah rajin menghapus pesan SMS yang sekiranya sudah lama. Anda pun bisa menghapus pesan secara otomatis. Masuk ke Setelan kemudian tekan Aplikasi. Setelah itu pilih opsi Lainnya dan tekan Pesan. Kemudian ada opsi untuk mengatur batas pesan yang bisa dihapus. Anda bisa mengaktifkannya sehingga pesan lama akan terhapus secara otomatis.

  1. Batasi kualitas foto dan video

Jika memang foto dan video yang anda ambil sudah cukup dengan kualitas dibawah 4K, maka cobalah atur kualitas dibawahnya. Memang agak rugi ketika memiliki kamera bagus namun kualitas fotonya tidak begitu maksimal. Namun jika memang anda ingin menghemat ruang penyimpanan, cobalah sesekali mengatur kualitas foto dan video yang anda ambil. Semakin tinggi resolusi video dan foto maka memori yang tersita akan semakin besar pula.

  1. Backup otomatis di Cloud

Backup data adalah cara yang tepat untuk menghemat ruang penyimpanan tanpa perlu menghapus data. Nantinya data akan tercadangkan secara online. Namun terkadang melakukan pencadangan mesti dilakukan secara manual. Anda bisa menggunakan aplikasi untuk backup otomatis. Kebanyakan aplikasi backup akan mencadangkan semua jenis file. Baik itu foto, video, hingga dokumen-dokumen khusus lainnya.

  1. Hapus cache aplikasi

Di setiap aplikasi yang kita unduh, terdapat banyak sekali cache. Residu aplikasi ini adalah salah satu biang cepat penuhnya memori penyimpanan. Maka rutinkan menghapus cache agar ruang penyimpanan lebih lega. Masuk ke Pengaturan kemudian tekan Aplikasi. Kemudian pilih aplikasi mana yang akan anda hapus. Tekan Hapus Cache dan tunggu beberapa saat. Cara otomatis pun bisa anda lakukan dengan mengunduh aplikasi khusus penghapus cache.

  1. Pertimbangkan dalam menginstall aplikasi

Banyak sekali aplikasi menarik di Play Store. Namun demi menghemat ruang penyimpanan, pertimbangkan bagaimana anda memilih aplikasi. Jika memang secara bawaan smartphone sudah tersedia, baiknya gunakan bawaan smartphone saja. Misalnya aplikasi kalkulator, launcher, stopwatch, senter, dll. Anda juga bisa memilih aplikasi multifungsi agar bisa mendapatkan banyak manfaat dengan mengorbankan lebih sedikit memori penyimpanan.

Itu dia beberapa tips agar memori penyimpanan lebih hemat sehingga tidak mudah penuh. Semoga bermanfaat.