Tutorial Cara Membuat Paspor Secara Online Dengan Mudah Tanpa Ribet

Selasa, Mei 12th, 2015 - Tutorial

ITanyar.com - Paspor sangat penting peranya bagi yang suka luar negri kali ini berita teknologi akan memberikan tutorial cara membuat paspor secara online dengan mudah tanpa ribet di website resmi Ditjen Imigrasi RI www.imigrasi.go.id Bagi yang belum tahu atau paham apa yang di maksut dengan paspor mungkin anda bisa baca pengertian paspor yang saya ambil dari wikipedia, Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Paspor berisi biodata pemegangnya, yang meliputi antara lain, foto pemegang, tanda tangan, tempat dan tanggal kelahiran, informasi kebangsaan dan kadang-kadang juga beberapa informasi lain mengenai identifikasi individual.

Dan berikut inilah tutorial cara membuat paspor dengan cara online yang sangat mudah dan tanpa ribet karena kita tidak perlu antri di kantor Ditjen Imigrasi RI kita hanya membuka website resminya. Tetapi sebelum kita memulai sebaiknya anda menyiapkan dulu data-data yang di perlukan seperti :

  1. Foto copy KTP
  2. Foto Copy Kartu Keluarga
  3. Pilih Salah satu dari Foto copy akte lahir/ ijazah/ surat nikah.

[junkie-alert style="green"] Catatan penting : foto copy tersebut harus hitam putih bukan berwana [/junkie-alert]

Setelah anda siapkan data-data tersebut yang nanti di perlukan untuk membuat paspor secara online sekarang waktunya mendaftar silahkan simak turorialnya di bwah ini dengan baik-baik bila ada masalah atau pertanyaan sebaiknya nanti baca dulu artikel ini dan baca komentar-komentar yang ada di sini.

Langkah-langkah membuat paspor online :

  1. Silahkan buka website resmi Ditjen Imigrasi RI yang beralamat di www.imigrasi.co.id
  2. Setelah anda menuju websitenya sekrang silahkan anda pilih menu Layanan Publik > Layanan Online > Layanan Paspor Online. Klik link Layanan Paspor Online tersebut, nanti akan diarahkan ke halaman baru.
    Membuat Paspor Secara Online
  3. Setelah anda klik lasayan paspor online tadi anda akan di bawa ke halaman baru di situ nanti anda bisa memilih menu yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Karena kita ingin membuat paspor baru, maka Anda bisa memilih menu Pra Permohonan Personal. Klik link Pra Permohonan Personal tersebut, nanti akan muncul halaman baru.
    Membuat Paspor Secara Online
  4. Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir online yang sudah di sediakan. Pada bagian kolom “Jenis permohonan”, pilih paspor biasa, atau sesuai dengan kebutuhan Anda. Sedangkan pada bagian “Jenis paspor”, pilih saja yang 48H perorangan. Jenis paspor 48 Halaman adalah untuk paspor UMUM untuk perorangan, sedangkan paspor 24H perorangan adalah untuk paspor KHUSUS untuk keperluan umroh atau untuk para tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri dan untuk keperluan tugas tertentu ke luar negeri masa berlaku 3 tahun. Pada bagian kolom identitas diri, sebaiknya isi sesuai dengan KTP Anda, seperti Nama, tempat/ tgl lahir, No. KTP, dan lain-lain. Setelah formulir tersebut diisi dengan benar, klik tombol “Lanjut”, nanti akan diarahkan ke halaman lainnya.
  5. Pada halaman berikutnya, Anda akan diminta untuk meng-upload berkas pendukung seperti, foto copy KTP, foto copy kartu keluarga, dan salah satu foto copy dari akte lahir/ ijazah/ surat nikah. Perhatikan urutan untuk meng-upload file pendukung tersebut, urutannya adalah KTP, kartu keluarga, dan salah satu dari akte lahir/ ijazah/ surat nikah. Upload file tersebut satu persatu, setelah itu klik tombol “Lanjut” yang ada di bagian bawah halaman tersebut.
  6. Pada halaman berikutnya Anda diminta untuk memilih kantor Imigrasi tempat Anda akan mengurus paspor, dan juga tanggal pengurusan. Penting untuk diperhatikan mengenai tempat dan tanggal mengurus paspor Anda, jangan sampai salah memilih. Pilihlah kantor Imigrasi yang terdekat dari rumah Anda, dan pilih tanggal yang Anda kehendaki untuk mengurus paspor Anda tersebut. Setelah itu, klik tombol “Lanjut”
  7. Langkah selanjutnya adalah proses verifikasi. Silahkan masukkan kode gambar yang Anda lihat pada halaman tersebut ke dalam kolom yang telah disediakan. Lalu klik tombol “OK”.
  8. Pada halaman selanjutnya akan muncul tampilan gambar seperti di bawah ini. Yang perlu Anda lakukan adalah meng-Klik link “Bukti Permohonan”, nanti akan muncul halaman “Tanda Terima Pra Permohonan”. Anda harus print halaman Tanda Terima Pra Permohonan tersebut dan dibawa pada saat mengurus paspor ke kantor Imigrasi.

Setelah anda melakukan 8 tahapan di atas belum berarti selesai anda membuat paspor online karena anda harus di verifikasi dan wawancara dulu dengan cara datang ke kantor Imigrasi RI. Datanglah ke Kantor Imigrasi sesuai waktu yang tertera di “Tanda Terima Pra Permohonan”, kalau lewat dari waktu yang ditentukan maka tanda terima permohonan tersebut akan dianggap hangus dan Anda harus submit ulang. Mungkin Anda bertanya, apa untungnya dong submit via online dibanding mengurus manual, toh sama-sama harus ke kantor Imigrasi juga.

Submit data via online lebih menguntungkan karena kita hanya perlu datang dua kali ke Kantor Imigrasi. Kedatangan pertama untuk proses verifikasi data, pembayaran, foto dan wawancara. Dan kedatangan yang ke dua adalah untuk pengambilan paspor. Sedangkan bila kita mengurus secara manual, Anda harus datang ke Kantor Imigrasi sampai 3 kali tetapi ini semua bisa anda pilih sendiri suka dengan cara membuat paspor secara online atau dengan ofline datang langsung ke kantor.

Semoga artikel tutorial cara membuat paspor online ini bermanfaat buat anda bagi yang kesulitan bisa di tanyakan di kolom kementar di bawah ini. Atau anda yang punya tips-tips membuat paspor dengan mudah silahkan berbagi, terima kasih.

Tutorial Cara Membuat Paspor Secara Online Dengan Mudah Tanpa Ribet | bambangxp | 4.5