Keuntungan Dan Kerugian Overclocking Pada Komputer

Kamis, Mei 5th, 2016 - Komputer

Overclocking Pada Komputer PC Dan Laptop - Overclock pada komputer dapat diartikan/didefinisikan sebagai peningkatan kemampuan dan kinerja suatu hardware (perangkat keras) yang melebihi batas kemampuannya, dan meningkatnya lebih dari normal. intinya diatas normal. seperti misalkan Harddisk, Memory/RAM, VGA, atau Motherboard. Peningkatan kinerja tersebut berfungsi untuk memaksimalkan kemampuan/kinerja daripada hardware tersebut.

Manfaat yang paling penting dari overclocking adalah bahwa komponen yang telah dioverclock dapat berfungsi pada kecepatan yang lebih besar dari normalnya. Oleh karena itu, dapat meniru model kualitas yang lebih tinggi dengan mudah. Misalnya, prosesor 3,0 GHz dapat overclocked untuk berjalan pada 3,8 GHz dan ini pada akhirnya akan menguntungkan penggunanya.

Saya sendiri adalah salah satu orang yang melakukan overclock pada peramgkat komputer PC saya di rumah. Manfaat overclock yang saya rasakan sangat besar, apalagi ketika saya gunakan untuk bermain game berat. Hal ini membuat perangkat komputer saya mampu menjalankan game berat dengan stabil.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN OVERCLOCKING PADA PC

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN OVERCLOCKING PADA PC

Ramainya overclocker dimulai pada 1997 ketika Intel mengeluarkan processor jenis Celeron berkecepatan 300Mhz dengan jenis slot 1 dan ramai ramai dipacu menjadi 450Mhz. Saat itulah muncul para overclocker yang mulai memacu processor sampai batas terakhir.

Perusahaan Taiwan saat itu sudah menguasai dibidang hardware membuat mainboard dengan option yang dapat disetup oleh pemakai. Munculnya Abit dengan mainboard untuk setup via BIOS dan mainboard jumperless. Abit pertama mengumumkan mainboard dengan jumper minimal dan pemakai dapat melakukan setup pada BIOS untuk kecepatan processor.

Penting..!! Jika anda cuma asal-asalan atau ngawur dalam menyeting overclock, atau kita benar-benar tidak mengetahui dan memperhitungkan dengan matang, ada kemungkinan PC/laptop anda akan rusak dan tidak akan bekerja seperti semula.

Tetapi Overclock mempunyai keuntungan dan kelebihan yang memang bisa diharapkan. adapun kebaikan-kebaikan dari adanya proses overclocking tersebut antara lain :

Mempercepat Performa Kecepatan pemrosesan PC akan naik drastis dan ini adalah keuntungan utama yang diperoleh oleh overclocking. Terutama bagi Penggemar game, penggemar perangkat keras komputer dan lain-lain, pastinya akan tertarik untuk melakukan overclock. Karena perangkat yang bisa dioverclock sejauh ini pada Processor, VGA, dan Ram, akan tetapi setiap komponen pc/laptop itu tidak selalu bisa dioverclock dan intinya bisa disebut memaksimalkan kemampuan hardware dan melebihi kemampuan hardware.

Ekonomis Dari perspektif bisnis, overclocking adalah mengagumkan karena membuat sebagian besar investasi. Karena Dengan Overclock pc kita samadengan menaikan kemampuan hardware tanpa biaya tambahan, dari pada kita harus membeli komponen/hardware-hardware. Intinya pc seharga 2 juta tetapi kemampuannya seperti pc seharga 6 juta.

Kerugian atau Kelemahan, maupun Kekurangan Overclocking adalah sebagai berikut ini:

Panas Berlebih Karena Overclock, Sirkuit komputer itu berjalan pada kecepatan yang lebih tinggi dan akan menghasilkan panas lebih banyak. Jika peningkatan kecepatan sedikit, maka para fans yang ada dapat menangani panas tambahan, tetapi dalam banyak kasus sistem pendingin bisa kewalahan. Chip yang berjalan terlalu panas akan menderita kerusakan permanen. Biasanya Overclocker yang telah berpengalaman menangani panas, adalah dengan menambahkan fans lebih kuat atau sistem pendingin cair.

Kerusakan Selain masalah yang berhubungan dengan panas, overclocking pada umumnya menjalankan risiko melebihi batas keselamatan yang dirancang ke dalam chip komputer. Sirkuit yang nyaris tidak menjaga pada kecepatan clock yang lebih tinggi, memungkinkan menyebabkan reboot spontan, sistem crash dan perilaku tak menentu lainnya (biasanya dalam os windows akan terjadi BSOD). Dalam lingkungan bisnis, ini umumnya tidak dapat diterima, karena masalah ini mengakibatkan penghentian, file akan rusak dan perbaikan mahal.

Keluar Biaya Tambahan Overclock itu membutuhkan HSF yang baik dan PSU yang kuat. karena biasanya stock cooler yang ada di dalam paket processor tidak bisa narik sampai 4,5 GHz ,jadi saat overclock pun TDP processor juga bertambah, sehingga PSU juga harus kuat.

Overclocking komputer adalah sesuatu yang hanya dilakukan seorang penggemar komputer yang sudah teropsesi dan ahli, terutama karena prosesnya yang rumit. Orang-orang tersebut menyadari kelemahan dari overclocking dan mereka sudah dipersiapkan dengan baik untuk hal yang sama juga, tetapi menurut mereka, dari manfaat dalam melakukan overclocking mereka juga harus mengambil risiko yang akan mereka hadapi. Namun kembali semua pilihan berada di tangan anda.

Keuntungan Dan Kerugian Overclocking Pada Komputer | Ridwan Ardiansyah | 4.5