Cara Menghemat Kuota Handphone Android

Kamis, Juli 23rd, 2015 - Tutorial

ITanyar.com - Kuota sangat penting di ponsel oleh karena itu harus menghemat paket data yang ada di smartphone android yang anda gunakan misalnya pada tablet ataupun handphone yang sudah anda daftarkan di salah satu provider kesayangan anda misalnya XL, Mentari, M3, dan lainya. Sebenarnya kalau anda tidak teliti dalam penggunaan kuota terkadang ada beberapa paket data yang terbuang sia-sia di ponsel anda, oleh karena itu berita teknologi akan memberikan trik bagaimana cara menghemat paket data agar bisa irit.

Tapi sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu paket data atau kuota yang sangat penting kegunanaya pada ponsel android, sebenarnya bukan hanya pada sistem operasi android tetapi juga bisa di terapkan di sistem operasi lain seperti iOS dan Blackberry. Kuota adalah paket data yang di dapatkan di salah satu provider dengan cara register sesuai dengan  kuota yang di inginkan oleh user atau pengguna, dan kuota tersebut jumlahnya bermacam-macam yang sudah di tentukan oleh provider sedangkan user bisa memilih sesuai kebutuhan. Misalnya user memilih paket internet A dengan kuota 3GB selama 1 bulan. Jadi paket data 3GB tersebut di gunakan dalam satu bulan misalnya kuota habis user bisa mendaftar lagi untuk mengisi walapun belum satu bulan. Atau selama satu bulan kuota masih berarti kuota tersebut hangus dan harus mendaftar lagi tapi kebanyakan kuota sudah habis duluan walapun waktu langganan belum habis.

Cara Menghemat Kuota Handphone Android

Cara Menghemat Kuota Handphone Android

Jadi kesimpulanya betapa pentingnya kuota pada smartphone anda gunakan karena paket data tersebut bisa menjalan beberapa aplikasi yang membutuhkan koneksi internet seperti whatshapp, Multi Line, blackberry dan lainya. Oleh karena itu berita teknologi akan meberikan tutorialny agar kuota anda bisa hemat.

Tips Menghemat Paket Data Internet Di Smartphone :

  1. Fitur Sinkronisasi
    Disabel fitur ini atau ganti ke mode manual, gunakan cuma dibutuhkan. Karena, fitur ini tidak cuma kuras data tetapi juga baterai “di balik layar.” Tetapi ada juga fitur sinkronisasi yang utama untuk terus dihidupkan. Umpamanya saja Gmail. Tips-nya, atur satu untuk satu per account sinkronisasi yang diperlukan.
  2. Auto Updates
    Aplikasi dimutakhirkan memanglah harus tetapi bila terus-terus dimutakhirkan kuota data Anda dapat jebol. FIFA 15 UT umpamanya. Setiap kali up date permainan bola di aktifkan bisa mengonsumsi kuota data sampai 1,2GB. Bila dihidupkan on fitur updates automatis, tanpa disadari Android Anda bakal mengunduh data 1,2GB.
  3. Batasi Juga Awasi
    Langkah membatasi penggunaan data dapat di lihat di “Setting” serta masuk ke “Data Usage.” Anda dapat mengatur mengkonsumsi data bulanan serta Android bakal mengingatkan bila kuota mendekati titik 0MB. Langkah yang lain dengan memakai aplikasi pihak ketiga seperti Onavo Count. Aplikasi ini bakal memberi laporan ke Anda pola mengkonsumsi harian, mingguan, bulanan, serta mengkonsumsi data masing-masing aplikasi.
  4. Hibernasi Aplikasi
    Beberapa aplikasi media sosial sedianya jalan di latar belakang. Walau ditutup, aplikasi terus berproses. Saat aplikasi jalan jadi automatis data juga jalan. Untuk menghindarnya dapat memakai aplikasi Greenify yang mempunyai manfaat menghindar aplikasi spesifik untuk “terbuka” (startup) automatis.
  5. Buang Widget Tidak Perlu
    Widget memanglah punya penampilan menarik serta menghadirkan info berguna. Umpamanya saja cuaca atau feed aplikasi berita. Tetapi, sedianya beberapa widget juga rakus data. Terkecuali boros memori, buang widget spesifik yang tidak utama dapat juga meminimalkan menyusutnya kuota data smartphone Android Anda.

Itulah 5 trik cara irit kuota internet pada handphone android yang bisa anda terapkan di ponsel kesayangan anda agar bisa lebih hemat paket data yang sangat penting kegunaanya di smartphone.

Cara Menghemat Kuota Handphone Android | bambangxp | 4.5